Home

3 Ciri-ciri orang bertakwa, pastikan ada dalam diri kita ya…

Takwa adalah status yang seorang muslim idam-idamkan, takwa merupakan tingkat ketaatan tertinggi.

Namu terkadang kita bertanya-tanya seperti apa dan bagaimana cara menjadi orang yang bertakwa

Dalam surat Ali Imran Ayat 133-134 Allah SWT Berfirman:

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ

(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa ciri-ciri orang bertakwa ada 3 diantaranya adalah

1. Orang yang berinfak di waktu lapang maupun sempit, ini adalah ciri yang pertama seorang yang bertakwa, berinfak dalam kondisi lapang tentu terasa mudah kita lakukan, namun ketika sempit ketika segalanya terasa pas-pasan dan harus berinfak itulah ujian orang yang bertakwa.

2. Menahan Amarah

Pada dasarnya manusia memiliki berbagai macam sifat, salah satunya adalah amarah, sudah sepantasnya manusia yang bertakwa mampu mengendalikan amarahnya.

Dalam riwayat hadist lain pun Rasulullah SAW menyampaikan bahwa bukan orang yang paling kuat yang pandai bertarung namun dia yang bisa menahan amarahnya.

Dalam sabda lain, “Janganlah marah bagimu surga”

3. Memaafkan kesalahan orang lain

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, apalagi sebagai makhluk sosial kita banyak berinteraksi dengan orang lain. Tidak jarang terjadi kesalahan dari orang lain yang membuat kita tidak nyaman, sifat utama seorang yang bertakwa adalah memaafkan maka maafkanlah walau itu sulit. Memaafkan bukan berarti lemah atau kalah tapi adalah cara kita meraih gelar takwa.

Semoga tiga ciri-ciri orang bertakwa ini ada dalam diri kita Aamiin Ya Rabbal Alamin

Mari ikut bantu program Menebar Kebaikan