Amalan Setelah Sholat Tahajud Cara Efektif Agar Keinginan Terkabul

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir, sholat Tahajud bukan hanya sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon agar keinginan terkabul. Dalam artikel ini, kita akan membahas amalan-amalan setelah sholat Tahajud yang dapat membantu agar keinginan terkabul.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim memohon kebaikan kepada Allah mengenai urusan dunia dan akhiratnya, kecuali Allah akan memberikan kepadanya, dan itu ada pada setiap malam.” (HR. Muslim).

Amalan Setelah Sholat Tahajud

  1. Memperbanyak Doa

Waktu setelah sholat Tahajud adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Berikut beberapa tips dalam berdoa setelah sholat Tahajud:

  • Khusyu’ dan Tulus: Pastikan doa dipanjatkan dengan khusyu’, tulus, dan penuh harap kepada Allah SWT.
  • Menggunakan Bahasa Sendiri: Meskipun ada doa-doa khusus, berdoa dengan bahasa sendiri agar lebih mengena dan menyentuh hati.
  • Memohon dengan Nama-Nama Allah yang Indah: Sebutlah Asmaul Husna dalam doa, karena Allah SWT berfirman, “Hanya milik Allah Asma’ul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asma’ul Husna itu…” (Q.S. Al-A’raf: 180).
  1. Istighfar dan Taubat

Setelah sholat Tahajud, perbanyaklah istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan banyak beristighfar, dosa-dosa akan dihapuskan dan hati menjadi lebih bersih, sehingga doa yang dipanjatkan lebih mudah dikabulkan.

  1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran setelah sholat Tahajud merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Pilihlah surat-surat yang memiliki keutamaan khusus atau membaca ayat-ayat yang menenangkan hati. Mengkhatamkan Al-Quran juga bisa menjadi tujuan bagi mereka yang rutin menjalankan sholat Tahajud.

  1. Dzikir

Perbanyak dzikir mengingat Allah setelah sholat Tahajud. Dzikir bisa berupa pujian kepada Allah, seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, dan La ilaha illallah. Dzikir akan menenangkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Shodaqah

Memberikan shodaqah setelah sholat Tahajud juga merupakan amalan yang sangat baik. Shodaqah dapat membuka pintu rezeki dan mempercepat terkabulnya doa. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Doa Setelah Sholat Tahajud

Berikut adalah contoh doa setelah sholat Tahajud yang bisa diamalkan:

  • Doa Pengampunan: “Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku, dan dosa seluruh kaum Muslimin dan Muslimat, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.”
  • Doa Permohonan: “Ya Allah, penuhilah hati kami dengan cahaya petunjuk-Mu, lapangkanlah dada kami dengan keimanan, kabulkanlah segala hajat dan permohonan kami, dan jadikanlah kami termasuk hamba-hamba-Mu yang beruntung di dunia dan akhirat.”

Kesimpulan

Sholat Tahajud adalah waktu yang istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon terkabulnya segala keinginan. Dengan memperbanyak doa, istighfar, membaca Al-Quran, berdzikir, dan bersedekah setelah sholat Tahajud, kita berharap agar doa-doa kita diijabah oleh Allah SWT. Marilah kita memanfaatkan waktu yang penuh berkah ini untuk meningkatkan ibadah dan memperkuat hubungan dengan Sang Pencipta, agar setiap keinginan dan harapan kita dapat terkabul dengan izin-Nya.

Bagikan Artikel

Menebar kebaikan

Bakti Pemuda Foundation adalah lembaga filantropi  yang mendukung pembangunan berkelanjutan bidang sosial dan pendidikan masyarakat pelosok dan pinggiran kota.

Kami memulai perjalanan di dunia filantropi pada tahun 2002 dengan program beasiswa pendidikan untuk masyarakat prasejahtera di daerah-daerah dengan akses terbatas di daerah Jawa Barat. Pengelolaannya pun masih dengan metode konvensional.

Nilai organisasi yang selalu kami pegang adalah Profesional, Amanah, Mandiri, Inspiratif dan Peduli

Kantor pusat : Komp. Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok C2, Jl. Ir H Juanda No. 50 Pisangan, Ciputat Timur Tangsel 15419

Kantor Cabang : Ruko Istana Dinoyo Kav D4, Jalan Mayjen Haryono 1A Kel. Dinoyo Kec. Lowokwaru Kota Malang ( 65144 )

Telp : 021-227-951-20
WA / SMS Center : 0813-1901-9065

Copyright © 2022 Bakti Pemuda. All Rights Reserved

Infak

Zakat

Laporan