fbpx

Larangan Mendoakan Hal-hal Buruk Kepada Anak

Berdoa pada dasarnya adalah untuk kebaikan. Ini pula yang melandasi prinsip mengapa orang tua  dilarang mendoakan keburukan menimpa anaknya.

Hal ini seperti diriwayatkan Abu Dawud bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا تَدْعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ، وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَوْلَادِكُمْ، وَلَا تَدْعُوا عَلَى خَدَمِكُمْ، وَلَا تَدْعُوا عَلَى أَمْوَالِكُمْ، لَا تُوَافِقُوا مِنَ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى سَاعَةَ نَيْلٍ فِيهَا عَطَاءٌ، فَيَسْتَجِيبَ لَكُمْ»

“Janganlah mendoakan keburukan atas diri kalian, janganlah mendoakan keburukan atas anak-anak kalian, janganlah mendoakan keburukan atas pembantu-pembantu kalian, janganlah mendoakan keburukan atas harta kalian, ketika bertepatan dengan waktu Allah menurunkan pemberian kepada kalian, sehingga doa kalian dikabulkan.”

Setiap orang tua tentu tidak menginginkan keburukan pada anaknya. Ini merupakan fitrah yang Allah Ta’ala tanamkan sebagai salah satu tanda dari sifat rahmah Allah Ta’ala.

Salah satu petunjuk Islam dalam mendidik anak adalah dengan mendoakan kebaikan untuk anak-anak kita. Yaitu doa agar mereka menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah. Dan hal ini telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam, sebagaimana diabadikan di dalam Al Quran. Allah Subhanahu wa Ta‘ala berfirman:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shalih.”[QS. Ash Shaffat: 100]

Dengan doa Nabi Ibrahim ‘alaihis salam ini, maka Allah–pun menganugerahkan kepada beliau seorang putera yang shalih, bahkan seorang nabi, yaitu Nabi Isma‘il ‘alaihis salam. Sungguh besar pengaruh doa orang tua kepada anaknya, maka hendaknya setiap orang tua menjauhi doa-doa, atau ucapan-ucapan yang buruk kepada anak-anaknya. Karena, bisa jadi Allah mendengar, kemudian mengabulkan doa tersebut. Ketahuilah, bahwa salah satu doa yang mustajab dan pasti dikabulkan oleh Allah adalah doa orang tua untuk anaknya.

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.